pays homage to classical fine dining

Indonesian translation: menjunjung gaya makan malam mewah klasik

English term or phrase: pays homage to classical fine dining
Indonesian translation:menjunjung gaya makan malam mewah klasik
Entered by: David Andersen

03:10 Oct 28, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Marketing - Tourism & Travel
English term or phrase: pays homage to classical fine dining
AAA [name of restaurant], at level 33 of Melbourne’s iconic BBB building, is testament to the belief that restaurant dining can be a wondrous, unforgettable experience and pays homage to classical fine dining in a sophisticated, modern context.
David Andersen
Australia
menjunjung gaya makan malam mewah klasik
Explanation:

Dari kamus Oxford, homage bermakna: special honour or respect shown publicly alias rasa hormat secara terbuka. Maka, pays homage to classical fine dining lebih kurang menunjukkan kesetiaan pada gaya atau tradisi makan malam mewah klasik.

Saya kira yang utama adalah mengikuti dengan taat aturan makan (tata meja, tata saji, urutan makan, dlsb.) Kalau masakannya sendiri, semakin ke sini, tentu semakin enak dan beragam dengan bumbu semakin kaya. Resep kuno tidak akan diikuti bulat2.

√ Kata kerja bagi kesetiaan ini adalah menjunjung

★★★ fine dining sampai kini masih belum ada yang benar-benar kena; banyak yang enggan menerjemahkan. makan malam mewah hanya pendekatan, karena masih generik bagi tiga hal yang fine: makanan, layanan, dan suasana. Mungkin makan malam adisaji ("saji" yang adi atau unggul) => sajian/makanan, penyajian/layanan, "kesajian"/suasana ... semuanya adi!
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5mengandalkan makan malam mewah bergaya klasik
Hipyan Nopri
4 +1penghormatan atas jamuan santapan mewah nan klasik
M Iwan Munandar
4terinspirasi suasana adikuliner klasik
Mohammad Renaldi Diponegoro
4menjunjung gaya makan malam mewah klasik
Erich Ekoputra
4mempersembahkan makan malam eksklusif klasik
Wiyanto Suroso


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mempersembahkan makan malam eksklusif klasik


Explanation:
'pays homage' adalah 'mempersembahkan'.
'fine dining' adalah 'makan malam eksklusif yang mewah'.

Makan dengan penyajian spesial bak keluarga raja.
Konsep semacam itu coba diterapkan di Cafe Pasteur-Hotel Grand Aquila lewat fine dining. Makan malam mewah dan eksklusif yang dapat dinikmati selama Juli-September.

http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/makan-malam-mew...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 39

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pays homage to classical fine dining
menjunjung gaya makan malam mewah klasik


Explanation:

Dari kamus Oxford, homage bermakna: special honour or respect shown publicly alias rasa hormat secara terbuka. Maka, pays homage to classical fine dining lebih kurang menunjukkan kesetiaan pada gaya atau tradisi makan malam mewah klasik.

Saya kira yang utama adalah mengikuti dengan taat aturan makan (tata meja, tata saji, urutan makan, dlsb.) Kalau masakannya sendiri, semakin ke sini, tentu semakin enak dan beragam dengan bumbu semakin kaya. Resep kuno tidak akan diikuti bulat2.

√ Kata kerja bagi kesetiaan ini adalah menjunjung

★★★ fine dining sampai kini masih belum ada yang benar-benar kena; banyak yang enggan menerjemahkan. makan malam mewah hanya pendekatan, karena masih generik bagi tiga hal yang fine: makanan, layanan, dan suasana. Mungkin makan malam adisaji ("saji" yang adi atau unggul) => sajian/makanan, penyajian/layanan, "kesajian"/suasana ... semuanya adi!

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 50

6 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
penghormatan atas jamuan santapan mewah nan klasik


Explanation:
pay homage tidak harus sama dengan struktur teks asli sebagai frase nomina, namun cukup diambil makna intinya, yaitu penghormatan.

dine (dining) bisa merujuk makan malam dan juga bermakna selain makan malam - yang pasti termasuk minum[an]: verb (used without object) 1. to eat the principal meal of the day; have dinner. 2. to take any meal. http://dictionary.reference.com/browse/dine.

fine dining dimaknai a style of eating that usually takes place in expensive restaurants, where especially good food is served to people, often in a formal way http://dictionary.reference.com/browse/dine . Maka, fine dining bisa dipadankan jamuan santapan mewah.

KBBI: san·tap v, ber·san·tap v hor makan dan minum:
san·tap·an n makanan (minuman dsb): mereka duduk menikmati - yg disediakan tuan rumah;

ja·mu·an n barang yg dihidangkan kpd tamu; hidangan; http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

nan p Sas yang: kekasihku -- jauh di mata; digunakan untuk menegaskan nuansa mewah atau bercita rasa tinggi.



M Iwan Munandar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Aditya Ikhsan Prasiddha: http://idioms.thefreedictionary.com/pay homage to
17 hrs

9 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
mengandalkan makan malam mewah bergaya klasik


Explanation:
Berdasarkan rujukan berikut, 'pay homage to' = menghormati secara terbuka atau memuja

Namun dalam konteks restoran, saya mengusulkan:

pay homage to = mengandalkan

Saya mengusulkan padanan 'andalan' karena di dunia restoran sangat dikenal istilah 'menu andalan.'

classical fine dining = makan malam mewah bergaya klasik

Jadi, restoran ini memang menyajikan jamuan makan malam yg khas dan menarik: perpaduan gaya jamuan klasik dan suasana modern.

Ini terlihat pada frasa 'pays homage to classical fine dining in a sophisticated, modern context' (mengandalkan jamuan makan malam bergaya klasik dalam suasana canggih dan modern).

Rujukan:
pay homage to someone or something = to openly honor or worship someone or something.
http://idioms.thefreedictionary.com/pay homage to

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 21

2 days 3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
terinspirasi suasana adikuliner klasik


Explanation:
1. Istilah "pay homage to" sering saya baca dalam konteks film, di mana satu adegan dalam satu film mengacu pada adegan pada suatu atau beberapa film yang lebih dulu ada. Biasanya ini karena sutradara film tersebut terinspirasi oleh suatu film atau genre yang lebih dulu ada. Praktek ini cukup umum di dunia perfilman.

Referensi:
http://voices.yahoo.com/my-top-5-famous-scenes-pay-homage-ot...

2. Untuk istilah "fine dining" saya memberanikan diri menggunakan padanan "adikuliner". Karena istilah "kuliner" sudah cukup akrab di telinga orang Indonesia. Selain itu, istilah "kuliner" juga memperluas makna, sehingga santapan di restoran tersebut tidak hanya pada saat malam hari ("dinner") tapi bisa kapan pun sesuai jam kerja restoran tersebut.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Types_of_restaurant#Fine_dining

Semoga bermanfaat.

Mohammad Renaldi Diponegoro
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4