Dd. Ybs.

English translation: Dd. Ybs. (code for internal use)

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:Dd. Ybs.
English translation:Dd. Ybs. (code for internal use)
Entered by: Alex Andra

09:11 Aug 14, 2014
Indonesian to English translations [PRO]
Law/Patents - Certificates, Diplomas, Licenses, CVs / Birth Certificate
Indonesian term or phrase: Dd. Ybs.
Ada di bagian sudut kiri atas akta lahir.
Dd.Ybs.
No.Kas.XXXX
Tgl XX.XX.XX

Apa kepanjangan dari Dd.Ybs dan bagaimana cara menerjemahkannya?
Thanks.
Alex Andra
Indonesia
Dd. Ybs. (code for internal use)
Explanation:

(Sebagai tindak lanjut kotak diskusi).

Pada akta kelahiran pra-2006* (yang masih bahasa Indonesia saja, bukan setelah tahun itu yang umumnya sudah dilengkapi terjemahan Inggrisnya), di sudut kiri atas kadang (=tidak selalu) tercantum satu, dua, atau semua dari tiga data:

A-Kode berupa singkatan yang tidak jelas polanya, kecuali titik sebagai pemisah
B-Frasa No. Kas atau Nomor Kas
C-Tanggal.

Data A tampaknya ditujukan u/ pemakaian internal. Dugaan yang timbul di forum KudoZ ini oleh seorang rekan dua atau tiga tahun silam - maaf saya tidak ingat pertanyaannya - adalah bahwa itu kode petugas penyusun (drafter) akta.

Usul saya adalah (a) Disalin apa adanya; atau (b) Ditambahi kata-kata penjelas seperti di atas: Dd. Ybs. (code for internal use).

Kedua cara pernah saya lakukan. Cara (b) bisa dipakai terutama bila penambahan kata-kata tidak mengganggu / merusak tata letak atau format dokumen secara keseluruhan (bisa memakai fon ukuran kecil, mis. 10 atau 9 poin).

*Mungkin lebih awal lagi.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Trims :)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4Dd. Ybs. (code for internal use)
Erich Ekoputra
3Dd.(Data known) Ybs.(The person concerned)
Rudolf Frans Maulany
2 +1Date of Birth (DOB) of [the] Person Concerned
Muhammad Iwan Munandar


Discussion entries: 3





  

Answers


41 mins   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5 peer agreement (net): +1
Date of Birth (DOB) of [the] Person Concerned


Explanation:
DD (7-8):Tanggal lahir. Jika perempuan, tanggalnya ditambah 40. Misalnya tanggal 04 akan menjadi 44. ...
http://www.kemendagri.go.id/article/2010/02/09/nomor-induk-k...
http://putrapagerkasih.blogspot.com/2012/05/cara-membaca-nom...

'Ybs'=yang bersangkutan: [the] person concerned
http://books.google.co.id/books?id=LxHQAgAAQBAJ&pg=PT576&lpg...

http://books.google.co.id/books?id=cF97F--suNAC&pg=PA1099&lp...

Muhammad Iwan Munandar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 3

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rudolf Frans Maulany
1 hr

48 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Dd.(Data known) Ybs.(The person concerned)


Explanation:
Ybs dikenal sebagai singkatan Yang bersangkutan, tetapi Dd tidak pernah saya dengar tetapi Dd kemungkinan sebagai Data diketahui/dikenal menjadi (Data diketahui) Ybs(Yang bersangkutan)-Dd.(Data known) Ybs.(The person concerned)Dd.(Data known) Ybs.(The person concerned)

Example sentence(s):
  • Ybs dikenal sebagai singkatan Yang bersangkutan, tetapi Dd tidak pernah saya dengar tetapi Dd kemungkinan sebagai Data diketahui/dikenal (Data diketahui) Ybs(Yang bersangkutan)-Dd.(Data known) Ybs.(The person concerned)
Rudolf Frans Maulany
Netherlands
Native speaker of: Indonesian

14 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Dd. Ybs. (code for internal use)


Explanation:

(Sebagai tindak lanjut kotak diskusi).

Pada akta kelahiran pra-2006* (yang masih bahasa Indonesia saja, bukan setelah tahun itu yang umumnya sudah dilengkapi terjemahan Inggrisnya), di sudut kiri atas kadang (=tidak selalu) tercantum satu, dua, atau semua dari tiga data:

A-Kode berupa singkatan yang tidak jelas polanya, kecuali titik sebagai pemisah
B-Frasa No. Kas atau Nomor Kas
C-Tanggal.

Data A tampaknya ditujukan u/ pemakaian internal. Dugaan yang timbul di forum KudoZ ini oleh seorang rekan dua atau tiga tahun silam - maaf saya tidak ingat pertanyaannya - adalah bahwa itu kode petugas penyusun (drafter) akta.

Usul saya adalah (a) Disalin apa adanya; atau (b) Ditambahi kata-kata penjelas seperti di atas: Dd. Ybs. (code for internal use).

Kedua cara pernah saya lakukan. Cara (b) bisa dipakai terutama bila penambahan kata-kata tidak mengganggu / merusak tata letak atau format dokumen secara keseluruhan (bisa memakai fon ukuran kecil, mis. 10 atau 9 poin).

*Mungkin lebih awal lagi.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 80
Grading comment
Trims :)




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search