ketimpangan

English translation: imbalance

05:32 Apr 8, 2018
Indonesian to English translations [PRO]
Bus/Financial - Economics
Indonesian term or phrase: ketimpangan
KETIMPANGAN EKSPOR ACEH DAN INDONESIA
Abstrak: Kajian mengenai keterkaitan antara ketimpangan ekspor daerah terhadap nasional, dengan variabel ekonomi makro di daerah masih relatif sedikit dikaji oleh peneliti-peneliti ekonomi. Padahal ketimpangan ekspor pada dasarnya terkait dengan berbagai variabel termasuk variabel non ekonomi seperti halnya tingkat kriminal.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketimpangan ekspor Aceh terhadap Indonesia. Data yang dianalisis adalah data kwartal selama periode tahun 2000-2015. Alat analisis data yang digunakan adalah autoregressive distributed lag (ARDL). Penelitian menemukan bahwa dalam jangka pendek ketimpangan ekspor tehadap Indonesia dipengaruhi oleh ketimpangan ekspor itu sendiri, kondisi keamanan, inflasi dan investasi SDM. Sedangkan dalam jangka panjang ketimpangan tersebut dipengaruhi oleh inflasi dan penyaluran kredit perbankan.
Faisal Mustafa
Indonesia
English translation:imbalance
Explanation:
Dalam konteks ini, saya mengusulkan:

ketimpangan = imbalance

Rujukan:
Export Import Imbalance widening
http://www.maritimegateway.com/export-import-imbalance-widen...

China’s Foreign Trade Imbalance
http://english.qstheory.cn/magazine/201001/201109/t20110920_...

What will it take to improve Rwanda's trade imbalance?
http://www.newtimes.co.rw/section/read/208418
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thanks very much.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1imbalance
Hipyan Nopri
5lagging
Regi2006
4disparity
Edward Thornton


Discussion entries: 9





  

Answers


10 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
lagging


Explanation:
Secara umum, bisa diterjemahkan menjadi lagging. Tapi kata ketimpangan itu bisa bermacam-macam variasinya tergantung penggunaannya dalam konteks. Pada contoh di atas banyak sekali contoh penggunaan ketimpangan.

Contoh: Indonesia, is lagging behind in its export performance.

Atau, lags behinds ...

Atau bisa seperti ini:
Lagging exports, which are down an estimated 65 million bushels, have increased ending stocks to 470 million bushels.

--------------------------------------------------
Note added at 11 mins (2018-04-08 05:44:50 GMT)
--------------------------------------------------

Kalau yang ingin diterjemahkan judulnya, mungkin bisa seperti ini:

Aceh's lagging exports in relation to national exports.


--------------------------------------------------
Note added at 15 mins (2018-04-08 05:48:45 GMT)
--------------------------------------------------

lagging productivity, and lagging exports in relation to other countries.
https://books.google.co.id/books?id=8lqwCwAAQBAJ&pg=PA120&lp...

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

17 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
disparity


Explanation:
cf. Stevens dictionary

Edward Thornton
Works in field
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 8

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
imbalance


Explanation:
Dalam konteks ini, saya mengusulkan:

ketimpangan = imbalance

Rujukan:
Export Import Imbalance widening
http://www.maritimegateway.com/export-import-imbalance-widen...

China’s Foreign Trade Imbalance
http://english.qstheory.cn/magazine/201001/201109/t20110920_...

What will it take to improve Rwanda's trade imbalance?
http://www.newtimes.co.rw/section/read/208418

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Thanks very much.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Achmad Fuad Lubis
2 days 19 hrs
  -> Terima kasih, Pak Achmad.




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search