Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

English translation: school-based curriculum

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
English translation:school-based curriculum
Entered by: Christianna Braithwaite

23:21 Jul 5, 2009
Indonesian to English translations [PRO]
Social Sciences - Education / Pedagogy
Indonesian term or phrase: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Ada di dalam STTB. Artinya apa sebenarnya ya? Saya menemukan dokumen yang menerjemahkan KTSP sebagai 'School based curriculum'.

Saya menebak-nebak artinya memang itu, tetapi jika rekan-rekan ada masukan lain, silakan tulis di sini.

TIA.
Christianna Braithwaite
Australia
school-based curriculum
Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 3 hrs (2009-07-06 03:11:26 GMT)
--------------------------------------------------

Dalam mata kuliah Curriculum Development dulu dikatakan bahwa terdapat dua ekstrim dalam penyusunan kurikulum - center-based/top-down curriculum development dan bottom-up/school-based curriculum development.
Pada pendekatan pertama, kurikulum sepenuhnya disusun oleh pemerintah pusat, sedangkan pada pendekatan kedua, kurikulum sepenuhnya disusun oleh masing2 sekolah sesuai karakteristik dan kebutuhan masing2 sekolah dan peserta didiknya.
Selanjutnya, menurut UU No. 20/2003 ttg Sistem Pendidikan Nasional, yg dimaksud dg 'satuan pendidikan' adalah lembaga penyedia layanan pendidikan atau sekolah.
Karena itu,
kurikulum tingkat satuan pendidikan = kurikulum tingkat sekolah = school-based curriculum

Ref.:
School-based Curriculum known in Indonesia as Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) . . ..
http://jurnal.um.ac.id/fs/bani/200313.htm

At one extreme is center-based or top down curriculum development in which the curriculum is determined by the centre, and there is little autonomy for schools. At the other extreme is the bottom-up or school-based curriculum, developed entirely by individual schools.
http://74.125.95.132/search?q=cache:7KcAZbNv4iAJ:www.puskur....
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thanks pak Hipyan. Dari ragu menjadi yakin.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2school-based curriculum
Hipyan Nopri
5Educational Unit Level Curriculum
Wiyanto Suroso
5Single Level Education Curriculum
Rahmad Ibrahim
4School Level Curriculum
Erich Eko


  

Answers


7 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
Educational Unit Level Curriculum


Explanation:
Government Regulation No. 19 year 2005 states that the basic curriculum framework is established with the purpose of providing guidance in the formulation of educational unit level curriculum and syllabus for each educational unit. Educational unit level curriculum is an operational curriculum designed by and implemented at each educational unit.

http://mbeproject.net/training3-2.pdf

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 19

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
school-based curriculum


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 3 hrs (2009-07-06 03:11:26 GMT)
--------------------------------------------------

Dalam mata kuliah Curriculum Development dulu dikatakan bahwa terdapat dua ekstrim dalam penyusunan kurikulum - center-based/top-down curriculum development dan bottom-up/school-based curriculum development.
Pada pendekatan pertama, kurikulum sepenuhnya disusun oleh pemerintah pusat, sedangkan pada pendekatan kedua, kurikulum sepenuhnya disusun oleh masing2 sekolah sesuai karakteristik dan kebutuhan masing2 sekolah dan peserta didiknya.
Selanjutnya, menurut UU No. 20/2003 ttg Sistem Pendidikan Nasional, yg dimaksud dg 'satuan pendidikan' adalah lembaga penyedia layanan pendidikan atau sekolah.
Karena itu,
kurikulum tingkat satuan pendidikan = kurikulum tingkat sekolah = school-based curriculum

Ref.:
School-based Curriculum known in Indonesia as Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) . . ..
http://jurnal.um.ac.id/fs/bani/200313.htm

At one extreme is center-based or top down curriculum development in which the curriculum is determined by the centre, and there is little autonomy for schools. At the other extreme is the bottom-up or school-based curriculum, developed entirely by individual schools.
http://74.125.95.132/search?q=cache:7KcAZbNv4iAJ:www.puskur....

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 66
Grading comment
Thanks pak Hipyan. Dari ragu menjadi yakin.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  eldira
7 hrs
  -> Terima kasih.

agree  Ikram Mahyuddin
2 days 2 hrs
  -> Terima kasih.

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Single Level Education Curriculum


Explanation:
imho

--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs (2009-07-06 05:31:56 GMT)
--------------------------------------------------

Dalam manajemen sekolah ada yang namanya manajemen berbasis sekolah yang lazim disebut MBS atau school based management. Ada yang namanya sekolah berbasis kurikulum atau school-based curiculum.
dalam MBS, kewenangan manajemen dikembalikan kepada manajer sekolah atau kepala sekolah. Istilah MBS popular di tahun 2005-2007
Dalam KTSP, kewenangan pengajaran dikembalikan kepada guru. Efek positifnya membuat guru menjadi kreatif. Tetapi efek negatifnya di dunia pendidikan KTSP menjadi "plesetan" Kate Siape, yang membuat pendidikan menjadi berantakan.
Istilah KTSP popular di tahun 2006-2008

Example sentence(s):
  • Education Minister Bambang Sudibyo, however, said the current curriculum, called the Single Level Education Curriculum (KTSP), allowed school boards and teachers to decide on their own material

    Reference: http://www.thejakartapost.com/news/2008/05/02/curriculum-ove...
Rahmad Ibrahim
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 day 17 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
School Level Curriculum


Explanation:
Saya kira, yang terjadi adalah negara/pemerintah menetapkan suatu kerangka kurikulum yang umum (national-level), sementara pada aras pelaksanaan, sekolah yang menentukan.

Semisal, Depdiknas menetapkan bahwa dalam pelajaran IPA, murid2 harus mengenali benda2 langit. Sekolah di Jakarta boleh mengadakan kunjungan ke Planetarium Cikini, sekolah di Bandung boleh bekerjasama dengan observatorium Boscha untuk mengamati bintang, sementara yang di Papua cukup dengan teropong.

Tidak mungkin semuanya diserahkan kepada sekolah. Apalagi dengan kebijakan penyelenggaraan UN (Ujian Nasional); harus ada semacam dasar kesamaan di antara semua sekolah.

http://books.google.co.id/books?id=MVyhsp10SIgC&pg=PA23&lpg=...

The existence of state-level standards documents and district-level or school-level curriculum guides does not necessarily imply that the implemented ...



Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 146




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search