SKM = Standar Ketuntasan Minimal

English translation: minimum mastery standard

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:SKM = Standar Ketuntasan Minimal
English translation:minimum mastery standard
Entered by: Christianna Braithwaite

03:18 Jul 9, 2009
Indonesian to English translations [PRO]
Social Sciences - Education / Pedagogy
Indonesian term or phrase: SKM = Standar Ketuntasan Minimal
Terdapat dalam rapor SMA.

Apakah frasa di atas itu artinya standar kelulusan atau standar keahlian? Jika yg terakhir, bisakah saya terjemahkan menjadi "Minimum Mastery Standard"?

Atau adakah paduan lainnya yang paling pas?

Catatan: dari nilai-nilai yang ditulis di kolum SKM ini cukup tinggi, jadi, saya pikir, artinya bukan kelulusan. Mungkin ini nilai minimum yang menjelaskan kalau murid bisa disebut 'berprestasi baik'?

SKM ini berbeda dangan nilai hasil belajar.

TIA!
Christianna Braithwaite
Australia
minimum mastery standard
Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 11 hrs (2009-07-09 15:08:05 GMT)
--------------------------------------------------

Dalam konteks pendidikan, ada konsep 'mastery learning' yg dipadankan dg 'pembelajaran tuntas'.
Karena itu, saya mengusulkan
standar ketuntasan minimal = minimum mastery standard

Standar ketuntasan merujuk pada standar penguasaan (mastery) materi pelajaran atau standar pencapaian siswa. Standar ketuntasan ini digunakan sebagai standar kelulusan.

Ref.:
Namun pada kenyataannya setiap siswa memiliki karakteristik, kecepatan, dan kebutuhan belajar yang berbeda dari siswa lain. Karena itu, guru perlu mengembangkan belajar tuntas (mastery learning) serta mampu menemukan perbedaan siswa secara individual dalam belajar yang berkaitan dalam proses belajar-mengajar.
http://www.suaramerdeka.com/harian/0410/14/kot25.htm

http://pbsindonesia.fkip-uninus.org/media.php?module=detailm...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thanks, Pak Hipyan
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +4Minimum Completion Standard
Hikmat Gumilar
5 +1minimum mastery standard
Hipyan Nopri
5(the) Minimum Completeness Standard
Wiyanto Suroso
4Minimun achievement standard
Hobira


Discussion entries: 1





  

Answers


8 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +4
Minimum Completion Standard


Explanation:
imho

Hikmat Gumilar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 36

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin: setuju, saya lihat ada beberapa "rujukan" di google
1 hr

agree  argosys: Am inclined to pick this.
4 hrs

agree  Arfan Achyar
5 hrs

agree  dse5001: I like "Standard Completion Minimum" better
179 days

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
(the) Minimum Completeness Standard


Explanation:
Ketuntasan = completeness

Saya bersepakat bahwa maknanya ialah "Minimum Mastery Standard" walaupun terjemahan harafiahnya ialah "Minimum Completeness Standard".


Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 19

10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Minimun achievement standard


Explanation:
Term ini terkait dengan istilah pengujian dalam pendidikan. Buku rapor merupakan dokumen hasil (pretasi) peserta didik.

Hobira
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese

11 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
minimum mastery standard


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 11 hrs (2009-07-09 15:08:05 GMT)
--------------------------------------------------

Dalam konteks pendidikan, ada konsep 'mastery learning' yg dipadankan dg 'pembelajaran tuntas'.
Karena itu, saya mengusulkan
standar ketuntasan minimal = minimum mastery standard

Standar ketuntasan merujuk pada standar penguasaan (mastery) materi pelajaran atau standar pencapaian siswa. Standar ketuntasan ini digunakan sebagai standar kelulusan.

Ref.:
Namun pada kenyataannya setiap siswa memiliki karakteristik, kecepatan, dan kebutuhan belajar yang berbeda dari siswa lain. Karena itu, guru perlu mengembangkan belajar tuntas (mastery learning) serta mampu menemukan perbedaan siswa secara individual dalam belajar yang berkaitan dalam proses belajar-mengajar.
http://www.suaramerdeka.com/harian/0410/14/kot25.htm

http://pbsindonesia.fkip-uninus.org/media.php?module=detailm...

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 66
Grading comment
Thanks, Pak Hipyan

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Meidy Maringka
5 days




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search