Nushush Kalamiyah

English translation: theological books

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:nushush kalamiyah
English translation:theological books
Entered by: Erich Ekoputra

15:54 Feb 2, 2018
Indonesian to English translations [PRO]
Education / Pedagogy / Subjects/Courses at school
Indonesian term or phrase: Nushush Kalamiyah
This is one of the subjects offered at Institut Studi Islam
Setia Bangun
Indonesia
Theological Books
Explanation:

🏝️ Makna dasar kalamiyah adalah perkataan atau ucapan. Kata-kata (firman) Allah ada dalam Al Qur'an dan dipelajari dalam Nushush Qur'aniyyah. Kata-kata (sabda) Nabi tertuang menjadi Hadits dan dipelajari dalam Nushush Hadits. Kata-kata para filsuf [Islam] dipelajari dalam Nushush Falsafiyah.

⚽ Maka, saya menduga bahwa kalamiyah di sini adalah kata-kata para ulama [besar] setelah Nabi yang turut mempertegas bentuk ajaran Islam. Intinya adalah ajaran agama (theology, dan kata-kata itu tertuang dalam kitab-kitab (books). Di kalangan pesantren, sepertinya lebih populer dengan sebutan kitab kuning, kitab yang ditulis dengan huruf Arab tanpa harakat (penanda bentuk vokal, alias sepintas isinya konsonan semua).

🏈 Singkatnya: Theological Books. Alternatifnya: Islamic Theological Books atau Books of Islamic Teachings.Pada surjaya, judul kitab kuning Jawahirul Kalamiyah bermakna kira-kira mutiara kata-kata.

★彡 SURJAYA
https://id.wikipedia.org/wiki/Kitab_kuning
Kitab kuning, dalam pendidikan agama islam, merujuk kepada kitab-kitab tradisional yang berisi pelajaran-pelajaran agama islam (diraasah al-islamiyyah) yang diajarkan pada Pondok-pondok Pesantren.... Dikenal juga dengan kitab gundul karena memang tidak memiliki harakat (fathah, kasrah, dhammah, sukun), tidak seperti kitab Al-Qur'an. ... Kebanyakan naskah para ulama pasca Khulafaa al-Rasyidin ditulis dengan menggunakan Bahasa Arab tanpa harakat, tidak seperti Al-Qur'an pada umumnya.

http://kikuning.blogspot.co.id/2016/08/download-kitab-jawahi...
KITAB KUNING [ MAKTABAH PONPES AL-IKHLAS PATI KOTA ]
Kitab Jawahirul Kalamiyah
(Dengan makna ala Pesantren)
Karya: Syeikh Thohir bin Saleh al-Jazairi
Kitab ini berisi pelajaran ilmu tauhid dasar.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Terima kasih banyak
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5Theological Books
Erich Ekoputra
5Texts on God's Speech/Word
Regi2006


  

Answers


7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Texts on God's Speech/Word


Explanation:
The Speech and Word of Allah (Kalam): In Light of Traditional Discussions
https://www.lamppostproductions.com/the-speech-and-word-of-a...

--------------------------------------------------
Note added at 13 hrs (2018-02-03 05:07:23 GMT)
--------------------------------------------------

Atau, Texts of God's Speech/Word

Regi2006
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 78

1 day 17 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Theological Books


Explanation:

🏝️ Makna dasar kalamiyah adalah perkataan atau ucapan. Kata-kata (firman) Allah ada dalam Al Qur'an dan dipelajari dalam Nushush Qur'aniyyah. Kata-kata (sabda) Nabi tertuang menjadi Hadits dan dipelajari dalam Nushush Hadits. Kata-kata para filsuf [Islam] dipelajari dalam Nushush Falsafiyah.

⚽ Maka, saya menduga bahwa kalamiyah di sini adalah kata-kata para ulama [besar] setelah Nabi yang turut mempertegas bentuk ajaran Islam. Intinya adalah ajaran agama (theology, dan kata-kata itu tertuang dalam kitab-kitab (books). Di kalangan pesantren, sepertinya lebih populer dengan sebutan kitab kuning, kitab yang ditulis dengan huruf Arab tanpa harakat (penanda bentuk vokal, alias sepintas isinya konsonan semua).

🏈 Singkatnya: Theological Books. Alternatifnya: Islamic Theological Books atau Books of Islamic Teachings.Pada surjaya, judul kitab kuning Jawahirul Kalamiyah bermakna kira-kira mutiara kata-kata.

★彡 SURJAYA
https://id.wikipedia.org/wiki/Kitab_kuning
Kitab kuning, dalam pendidikan agama islam, merujuk kepada kitab-kitab tradisional yang berisi pelajaran-pelajaran agama islam (diraasah al-islamiyyah) yang diajarkan pada Pondok-pondok Pesantren.... Dikenal juga dengan kitab gundul karena memang tidak memiliki harakat (fathah, kasrah, dhammah, sukun), tidak seperti kitab Al-Qur'an. ... Kebanyakan naskah para ulama pasca Khulafaa al-Rasyidin ditulis dengan menggunakan Bahasa Arab tanpa harakat, tidak seperti Al-Qur'an pada umumnya.

http://kikuning.blogspot.co.id/2016/08/download-kitab-jawahi...
KITAB KUNING [ MAKTABAH PONPES AL-IKHLAS PATI KOTA ]
Kitab Jawahirul Kalamiyah
(Dengan makna ala Pesantren)
Karya: Syeikh Thohir bin Saleh al-Jazairi
Kitab ini berisi pelajaran ilmu tauhid dasar.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 142
Grading comment
Terima kasih banyak




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search