kekuasaan dan adu kekuatan

English translation: power and power politics

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:kekuasaan dan adu kekuatan
English translation:power and power politics
Entered by: Regi2006

01:02 Feb 1, 2012
Indonesian to English translations [PRO]
Government / Politics
Indonesian term or phrase: kekuasaan dan adu kekuatan
Doktrin dan Sistem Pertahanan Negara Indonesia tersebut secara tersirat mencerminkan pandangan bangsa Indonesia tentang konsep perang dan damai. “Bangsa Indonesia cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan”. Bagi bangsa Indonesia, perang merupakan jalan terakhir yang terpaksa harus ditempuh untuk mempertahankan ideologi negara, kemerdekaan dan kedaulatan NKRI. Oleh karenanya, Bangsa Indonesia tidak mengembangkan ajaran tentang kekuasaan dan adu kekuatan, karena hal tersebut mengandung benih-benih persengketaan, permusuhan dan ekspanisonisme.
Regi2006
Indonesia
power and power politics
Explanation:

almubahits.blogspot.com/feeds/posts/default

Dari paham ekspansionisme ini kemudian melahirkan paham adu kekuatan (Power Politics atau Theory of Power). Hal ini di dukung oleh teori yang di buat pula ...


rnalucky.wordpress.com/
Kalau konsep adu kekuasaan dan adu kekuatan (power politics) bertumpuh pada kekuatan fisik maka sebaliknya ketahanan Nasional tidak mengutamakan ...
Selected response from:

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Grading comment
Terima kasih semuanya!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5power and show of force
Ahmad Ridwan Munib
4power politics
Hipyan Nopri
3 +1supremacy and power struggle
Hikmat Gumilar
4power and exercise of force
Erich Eko
3power and power politics
Ikram Mahyuddin
3power and power contests
David Andersen
3power and a contest for supremacy
Helmy Ismail Sani


  

Answers


34 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
power and power contests


Explanation:
Masalahnya kalau menerjemahkan "adu kekuatan" lebih harfiah menjadi "contest of strength" artinya kurang tepat, karena lebih mengarah ke perkelahian fisik antara orang. Kalau antara negara, maka "power contest" sudah cocok, seperti di contoh kalimat di bawah. Tetapi kalau begitu, frasenya menjadi agak kurang wajar, karena kata "power" diulangi. Saya rasa masih lumayan enak di telinga, tetapi kalau mau lebih enak lagi, dapat tambah kata sifat yang tersirat sehingga menjadi "military power and power contests". Kalau "kekuasaan" diterjemahkan dengan sinonim lain seperti "force", "might" juga kurang enak di telinga.

Example sentence(s):
  • How to prevent a power contest in Southeast Asia
  • What Asia does not want to see is a power contest between the two superpowers in the region.

    Reference: http://www.nationmultimedia.com/opinion/How-to-prevent-a-pow...
    Reference: http://uscpublicdiplomacy.org/index.php/newswire/news_all
David Andersen
Australia
Specializes in field
Native speaker of: English
PRO pts in category: 8

35 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
supremacy and power struggle


Explanation:
imho sesuai konteks.
Supermasi membuat Jerman di bawah Hitler menciptakan persengketaan, permusuhan, dan ekspansionisme.


    Reference: http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20090308070903AA...
Hikmat Gumilar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 46

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  bangun89
1 day 5 hrs

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
power and exercise of force


Explanation:

Saya kira, adu kekuatan di sini condong ke kekuatan fisik, karena kekuatan politik sudah lebih kurang sudah terwakili oleh kekuasaan.

Ref: http://www.writework.com/essay/does-rousseau-argue-exercise-...
Jean-Jacques Rousseau argues that the exercise of force (physical power) cannot provide a legitimate basis for social order; some may say that the strongest always win, but how do they win and will they always win? The power produced by force doesn't create duty, only obedience.



Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 107

2 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
power and power politics


Explanation:

almubahits.blogspot.com/feeds/posts/default

Dari paham ekspansionisme ini kemudian melahirkan paham adu kekuatan (Power Politics atau Theory of Power). Hal ini di dukung oleh teori yang di buat pula ...


rnalucky.wordpress.com/
Kalau konsep adu kekuasaan dan adu kekuatan (power politics) bertumpuh pada kekuatan fisik maka sebaliknya ketahanan Nasional tidak mengutamakan ...

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Terima kasih semuanya!

5 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
power and a contest for supremacy


Explanation:
Kekuasaan = power
Adu kekuatan = contest for supremacy.
Contoh dalam tautan di bawah:
"The contest for supremacy between the US and China"


    Reference: http://www.iiss.org/events-calendar/2011-events-archive/nove...
Helmy Ismail Sani
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

26 days   confidence: Answerer confidence 5/5
power and show of force


Explanation:
kekuasaan di sini saya memaknai 'power' dan adu kekuatan menunjukkan makna yang mengedapankan kekuatan fisik atau dalam hal ini lebih condong kepada pasukan perang dan peralatannya, sehingga adu kekuatan dalam konteks ini saya lebih memilih memaknai 'show of force'.
Dalam kamus Indonesia Inggris oleh John M. Echols dan Hassan Shadily, kekuasaan = power, sedangkan kekuatan = force. Dari kedua kata ini ditambah dengan kata adu yang dalam pengertiannya saling menunjukkan kekuatan fisik. Jadi kekuasaan dan adu kekuatan = power and show of force.

Example sentence(s):
  • kekuasaan dan kekuatan akan menimbulkan rasa superioritas secara kekuatan otot, sehingga akan cenderung melakukan penindasan kepada pihak lain. Hal ini di Indonesia sangat dihindari karena menjunjung tinggi perdamaian dan keadilan sosial.
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

41 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
power politics


Explanation:
Saya mengusulkan padanan singkat 'power politics' berdasarkan rujukan berikut.

Rujukan:
. . . konsepsi yang mengutamakan penggunaan adu kekuasaan dan adu kekuatan (power politics) . . .
http://komang-wijanegara.blogspot.com/2011_08_01_archive.htm...

Power politics, or Machtpolitik (borrowed from German), is a state of international relations in which sovereigns protect their own interests by threatening one another with military, economic, or political aggression.
http://en.wikipedia.org/wiki/Power_politics

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search