"balai besar"

English translation: Main Station

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:balai besar
English translation:Main Station
Entered by: Adrian Prasetya

20:32 Apr 29, 2012
Indonesian to English translations [PRO]
Government / Politics
Indonesian term or phrase: "balai besar"
bagian dari nama institusi, misalnya, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana / Balai Besar Bahan dan Barang Teknik / Balai Besar Industri Argo / dsb.

apakah cukup dengan "Great Hall of"?
Adrian Prasetya
Indonesia
Main Station
Explanation:
Pada kebanyakan kementerian, lembaga penelitian/pengkajian dan pengembangan memiliki hirarki (dari atas) s.b.b.: Badan, kemudian Pusat, kemudian Balai. Sebagian diantaranya memiliki Balai Besar dan kemudian barulah Balai. Balai yang memiliki tugas pokok dan fungsi penelitian/pengkajian dan pengembangan biasa disebut dengan 'station'. Untuk membedakannya, Balai Besar dapat disebut dengan 'Main Station'.

Adapun Balai Besar pada Kementerian Pekerjaan Umum berbeda (bukan penelitian dan pengembangan) karena berada di bawah Direktorat Jenderal dan memiliki tugas pokok dan fungsi pelaksanaan, termasuk operasi dan pemeliharaan.

Penyediaan benih dilakukan oleh balai-balai penelitian
kelapa sawit, terutama oleh Marihat Research Station dan
Balai Penelitian Perkebunan Medan (RISPA).

http://lampung.litbang.deptan.go.id/ind/images/stories/publi...

Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +5Centre for ...
Graham Bennett
4Main Station
Wiyanto Suroso
4[main] office of research
Erich Eko


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +5
Centre for ...


Explanation:
Could be Main Office in some contexts but I think "Centre for" is appropriate in the examples given.


    Reference: http://www.findamachine.com/machine_tool_dealer/BALAI_BESAR_...
Graham Bennett
United Kingdom
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian
3 hrs

agree  ria ulfah ardhiyani
5 hrs

agree  Kaharuddin
5 hrs

agree  Hipyan Nopri: http://www.bbrvbd.go.id/english/index.html
7 hrs

agree  Arfan Achyar
23 hrs

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
balai besar
[main] office of research


Explanation:

Bersama dengan Puslitbang dan Balai, Balai Besar termasuk UPT (Unit Pelaksana Teknis) di bidang penelitian dan pengembangan, sebagaimana tercantum di dalam rencana strategis Kementerian Kehutanan berikut:

http://www.forda-mof.org/files/isi buku renstra 1 JUNI 10.pd...

Di sisi lain, hubungan antara Balai dan Balai Besar tidaklah hirarkis, sebagaimana yang tergambar di sini:

http://bpkimi.kemenperin.go.id/page39-Struktur Organisasi.ht...

Jadi, antara Balai Besar dan Balai, yang berbeda mungkin lingkup tanggung jawab, wilayah yang dicakup, dan jumlah staf. Oleh karena itu, saya pikir Office of Research sudah mencukupi. Namun, kalau memang tetap ingin menonjolkan 'kebesaran' si balai, bisa diembel-embeli dengan berbagai ajektiva yang cocok, mis. main, primary, dsj.

Ref: http://indymedia.org.uk/en/2012/04/495025.html
The main offices of Bristol-Myers Squibb (BMS) Belgium and its different divisions are based in Braine-l'Alleud. In Belgium, BMS is subdivided in the following divisions: Bristol-Myers Squibb Belgium, Mead Johnson (Mead Johnson Nutritionals is specialist in the field of (medicinal) baby food; see: http://www.meadjohnson.com/ ) and Research & Development (The European main office of "Research & Development" is based in Braine-l'Alleud).

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 107

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Main Station


Explanation:
Pada kebanyakan kementerian, lembaga penelitian/pengkajian dan pengembangan memiliki hirarki (dari atas) s.b.b.: Badan, kemudian Pusat, kemudian Balai. Sebagian diantaranya memiliki Balai Besar dan kemudian barulah Balai. Balai yang memiliki tugas pokok dan fungsi penelitian/pengkajian dan pengembangan biasa disebut dengan 'station'. Untuk membedakannya, Balai Besar dapat disebut dengan 'Main Station'.

Adapun Balai Besar pada Kementerian Pekerjaan Umum berbeda (bukan penelitian dan pengembangan) karena berada di bawah Direktorat Jenderal dan memiliki tugas pokok dan fungsi pelaksanaan, termasuk operasi dan pemeliharaan.

Penyediaan benih dilakukan oleh balai-balai penelitian
kelapa sawit, terutama oleh Marihat Research Station dan
Balai Penelitian Perkebunan Medan (RISPA).

http://lampung.litbang.deptan.go.id/ind/images/stories/publi...



Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 68
Notes to answerer
Asker: Terima kasih semuanya! Tapi saya akan pakai istilah Station (Balai) dan Main Station (Balai Besar), MAINLY for the sake of pembedaan istilah supaya tidak rancu dengan Centre (Pusat), Agency (Badan), Office (Dinas)





The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search