pembulatan konsepsi

English translation: refinement of preliminary draft

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:pembulatan konsepsi
English translation:refinement of preliminary draft
Entered by: Agustinus

06:32 Jan 5, 2019
Indonesian to English translations [PRO]
Law/Patents - Government / Politics
Indonesian term or phrase: pembulatan konsepsi
pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsesi rancangan undang-undang.



---
thank you.
Agustinus
Indonesia
refinement of preliminary draft
Explanation:

Ini kata-kata "dewa" [rakyat], sehingga mencari maknanya pun sulit. Dari tautan ini: https://anzdoc.com/bupati-bone-provinsi-sulawesi-selatan-per... ada sekelumit "penjelasan" walau dalam konteks peraturan daerah:

Yang dimaksud dengan “pengharmonisasian, pemantapan dan pembulatan konsepsi” adalah pembahasan untuk menyelaraskan materi muatan produk hukum daerah dengan kewenangan pembentukannya, peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi atau sederajat, RPJMD, asas-asas hukum, serta sistematika dan tata cara bahasa dan penulisan.

Konsepsi dapat mengarah kepada gambaran mental atau buraman/draf/tulisan awal. Jika mengacu kepada "penjelasan" di atas, IMO kata ini mengarah kepada "tulisan awal" (preliminary writing). Sementara itu, pembulatan sebagai kata dewa dapat dimaknai sesuai dengan "keyakinan" masing-masing, dan dalam hal ini, saya maknai sebagai penghalusan/penyempurnaan (seperti kubus yang kalau ingin dijadikan bola nan bulat, harus dihaluskan semua sudutnya).

Secara keseluruhan: ...., refinement, and ... of a preliminary draft of law.

🏛️ SURJAYA 🏛️
http://moe.gov.ge/res/images/file-manager/twinning/mission_1...
Wednesday 4th of October. -. 09:00 – 12:30 Continue elaborating the preliminary draft of Law on Control of Emissions from Industry...

http://www.ilo.org/dyn/normlex/en/f?p=1000:13100:0::NO:13100...
However, with the support of the Ministry of Security, a preliminary draft of law on the setting up of a compensation fund for victims of trafficking was developed...

Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
thanks erich :)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5refinement of preliminary draft
Erich Eko
3achieving consensus
Edward Thornton


  

Answers


18 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
achieving consensus


Explanation:
Stevens dictionary has:
pembulatan bulat
1 rounding, rounding off.
pembulatan ke atas rounding up.
pembulatan ke bawah rounding down.
2 concentrating.
3 making (a decision).
pembulatan pikiran decision.
pembulatan tenaga power concentration.
kesalahan pembulatan error in rounding off. (kesalahan)

but in this context I think "harmonizing, achieving consensus, and consolidating draft of bill" would be about right

referring to the "unanimous" meaning of "bulat"

Edward Thornton
Specializes in field
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 14

1 day 16 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
refinement of preliminary draft


Explanation:

Ini kata-kata "dewa" [rakyat], sehingga mencari maknanya pun sulit. Dari tautan ini: https://anzdoc.com/bupati-bone-provinsi-sulawesi-selatan-per... ada sekelumit "penjelasan" walau dalam konteks peraturan daerah:

Yang dimaksud dengan “pengharmonisasian, pemantapan dan pembulatan konsepsi” adalah pembahasan untuk menyelaraskan materi muatan produk hukum daerah dengan kewenangan pembentukannya, peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi atau sederajat, RPJMD, asas-asas hukum, serta sistematika dan tata cara bahasa dan penulisan.

Konsepsi dapat mengarah kepada gambaran mental atau buraman/draf/tulisan awal. Jika mengacu kepada "penjelasan" di atas, IMO kata ini mengarah kepada "tulisan awal" (preliminary writing). Sementara itu, pembulatan sebagai kata dewa dapat dimaknai sesuai dengan "keyakinan" masing-masing, dan dalam hal ini, saya maknai sebagai penghalusan/penyempurnaan (seperti kubus yang kalau ingin dijadikan bola nan bulat, harus dihaluskan semua sudutnya).

Secara keseluruhan: ...., refinement, and ... of a preliminary draft of law.

🏛️ SURJAYA 🏛️
http://moe.gov.ge/res/images/file-manager/twinning/mission_1...
Wednesday 4th of October. -. 09:00 – 12:30 Continue elaborating the preliminary draft of Law on Control of Emissions from Industry...

http://www.ilo.org/dyn/normlex/en/f?p=1000:13100:0::NO:13100...
However, with the support of the Ministry of Security, a preliminary draft of law on the setting up of a compensation fund for victims of trafficking was developed...



Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 107
Grading comment
thanks erich :)




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search