harta bawaan

English translation: prenuptial property

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:harta bawaan
English translation:prenuptial property
Entered by: Faisal Mustafa

06:00 May 7, 2018
Indonesian to English translations [PRO]
Law/Patents - Law (general)
Indonesian term or phrase: harta bawaan
Secara lebih rinci harta warisan dapat terdiri atas harta bawaan, harta yang diperoleh selama perkawinan. Harta bawaan dapat berasal dari pencariannya sendiri, warisan orang tua atau kerabatnya, atau dapat pula berasal dari hibah. Ketiga jenis harta itu, oleh Lidien yang melakukan penelitian di Aceh, disebut dengan jinamee (diperoleh suami/istri), areuta jeumurang atau harta peunulang (harta warisan dari orang tua). Istilah jinamee yang dimaksud Lidien sebenarnya kurang tepat, sebab istilah jinamee di kalangan masyarakat Aceh pada umumnya adalah mas kawin atau mahar. Selain itu, harta isteri yang diperoleh dari orang tuanya disebut areuta tuha. Dalam masyarakat Gayo, harta bersama disebut harta pohroh, yakni harta yang diperoleh sebagai hasil usaha bersama antara suami isteri selama perkawinan, walaupun mungkin isteri tidak secara lahiriah bekerja bersama suaminya dalam suatu usaha atau pekerjaan tertentu. Sedangkan dalam masyarakat Pidie dan Aceh Besar disebut areuta peunulang, dipandang sebagai hibah. Areuta peunulang diberikan dihadapan kepala desa pada waktu peumekleh atau pemisahan anak perempuan karena hendak membangun rumah tangga yang baru bersama dengan suaminya. Bentuknya seperti tanah, rumah, sawah, kebun, dan lain-lain. Besarnya harta peunulang tidak boleh merugikan ahli waris laki-laki.

How do we translate "harta bawaan" in the above context?

Thank you very much.
Faisal Mustafa
Indonesia
prenuptial property
Explanation:

🏝️ Dari kalimat pertama, harta dibagi dua kelompok besar:

1-harta bawaan adalah harta yang dibawa masing-masing sebelum menikah, alias prenuptial property (Kamus Oxford: prenuptial: existing or occurring before marriage)
2-harta diperoleh selama perkawinan adalah semua harta yang diperoleh salah satu atau kedua pihak selama menikah, lazim disebut dengan [joint] matrimonial property ataupun conjugal property (lihat surjaya ke-2).

🍏 Jadi, kalimat pertama itu: .... may consist of prenuptial property and [joint] matrimonial property.

🌟 SURJAYA
http://www.fao.org/gender-landrights-database/country-profil...
Prenuptial property in separate possession and property going only to husband or wife, as specified in a will or a gift contract shall be in husband’s or wife’s separate property.

Seditious Histories: Contesting Thai and Southeast Asian Pasts
https://books.google.co.id/books?isbn=9971693356
Craig J. Reynolds - 2006 - ‎Nationalism and historiography
Prenuptial property was the property each spouse contributed when the marriage took place. Under the 1805 code, the husband managed the conjugal property ...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1dowry
Hipyan Nopri
5separate property
Posted via ProZ.com Mobile
Retno Damajanti
5prenuptial property
Erich Ekoputra
5personal property
Regi2006


  

Answers


6 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
personal property


Explanation:
https://translationpapersbali.com/2013/06/14/glossary-of-ter...

--------------------------------------------------
Note added at 19 mins (2018-05-07 06:19:15 GMT)
--------------------------------------------------

Question 3 : What is personal property (harta bawaan)?
Question 4 : What is joint matrimonial property (harta bersama)?
http://www.idlo.org/publications/AcehTEN QUESTION VOL-1-ENG....


Regi2006
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 33

5 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
dowry


Explanation:
harta bawaan = dowry

--------------------------------------------------
Note added at 20 mins (2018-05-07 06:20:03 GMT)
--------------------------------------------------

Rujukan:

harta bawaan = dowry brought to a marriage by either side
https://books.google.co.id/books?id=hVo2ZDYbL6gC&pg=PA354&lp...

Dowry (Harta bawaan) is the wealth possessed before marriage
http://bem.law.ui.ac.id/fhuiguide/uploads/materi/wealth-in-i...

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 203

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Kaharuddin
5 days
  -> Terima kasih, Har.

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
prenuptial property


Explanation:

🏝️ Dari kalimat pertama, harta dibagi dua kelompok besar:

1-harta bawaan adalah harta yang dibawa masing-masing sebelum menikah, alias prenuptial property (Kamus Oxford: prenuptial: existing or occurring before marriage)
2-harta diperoleh selama perkawinan adalah semua harta yang diperoleh salah satu atau kedua pihak selama menikah, lazim disebut dengan [joint] matrimonial property ataupun conjugal property (lihat surjaya ke-2).

🍏 Jadi, kalimat pertama itu: .... may consist of prenuptial property and [joint] matrimonial property.

🌟 SURJAYA
http://www.fao.org/gender-landrights-database/country-profil...
Prenuptial property in separate possession and property going only to husband or wife, as specified in a will or a gift contract shall be in husband’s or wife’s separate property.

Seditious Histories: Contesting Thai and Southeast Asian Pasts
https://books.google.co.id/books?isbn=9971693356
Craig J. Reynolds - 2006 - ‎Nationalism and historiography
Prenuptial property was the property each spouse contributed when the marriage took place. Under the 1805 code, the husband managed the conjugal property ...

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 346

29 days   confidence: Answerer confidence 5/5
separate property


Explanation:
Harta bawaan adalah harta yang diperoleh sebelum pernikahan, termasuk warisan, hibah.



    https://www.minyardmorris.com/resources/family-law/community-versus-separate-property
Retno Damajanti
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search