kepala bidang kesyahbandaran

English translation: head of of harbormastership division

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:kepala bidang kesyahbandaran
English translation:head of of harbormastership division
Entered by: Agustinus

18:19 Dec 28, 2011
Indonesian to English translations [PRO]
Ships, Sailing, Maritime
Indonesian term or phrase: kepala bidang kesyahbandaran
-
Agustinus
Indonesia
head of of harbormastership division
Explanation:
kepala bidang kesyahbandaran: head of harbormastership/portmastership division, yang sehari-hari disebut dengan "syahbandar" yang berpadanan dengan 'harbormaster' atau 'portmaster'.

Menurut Permenhub No. KM 65/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Pelabuhan Batam:
Bidang Kesyahbandaran mempunyai tugas melaksanakan pemberian Surat Persetujuan Berlayar, pemeriksaan keselamatan kapal, pengukuran dan pendaftaran kapal, pencegahan dan penanggulangan pencemaran, kepelautan, kegiatan salvage dan pekerjaan bawah air, pemeriksaan
kecelakaan kapal serta pengamanan, penertiban dan penegakan peraturan di bidang pelayaran, penyidikan tindak pidana pelayaran di pelabuhan dan perairan bandar.

Bidang Kesyahbandaran ini terdiri dari dari 4 seksi, yaitu.....

http://118.97.61.233/perundangan/images/stories/doc/permen/2...

My office (Ambon Port Authority, Harbor Master Department locally known as Kantor Adpel bidang Kesyahbandaran) will issue a clearance letter upon your own request by produce associate documents ...

http://benymaliota.blogspot.com/2008/11/darwin-ambon-yacht-r...
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
thank you :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4head of of harbormastership division
Wiyanto Suroso
3head of port security and safety section
Erich Ekoputra


  

Answers


4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
head of port security and safety section


Explanation:

Berdasarkan dua referensi di bawah, fungsi kesyahbandaran adalah menjaga keamanan dan keselamatan di pelabuhan.

Ref 1: http://www.mappel.org/release/perlunya-pemisahan-antara-syah...
Terakhir, berdasarkan PP No. 69 tahun 2001 tentang Kepelabuhanan, Menteri Perhubungan mengeluarkan Keputusan No. 62 tahun 2002 yang mengatur tentang Organisasi dan Tata kerja Administrator Pelabuhan ...... Fungsi Kesyahbandaran dilaksanakan oleh Seksi Kesyahbandaran yang berada di bawah Bidang Penjagaan dan Penyelamatan.

Ref 2: http://www.scribd.com/doc/50854141/208/Pasal-212
...dengan ketentuan konvensi internasional, Syahbandar bertindak selaku komite keamanan pelabuhan (Port Security Commitee).

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
head of of harbormastership division


Explanation:
kepala bidang kesyahbandaran: head of harbormastership/portmastership division, yang sehari-hari disebut dengan "syahbandar" yang berpadanan dengan 'harbormaster' atau 'portmaster'.

Menurut Permenhub No. KM 65/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Pelabuhan Batam:
Bidang Kesyahbandaran mempunyai tugas melaksanakan pemberian Surat Persetujuan Berlayar, pemeriksaan keselamatan kapal, pengukuran dan pendaftaran kapal, pencegahan dan penanggulangan pencemaran, kepelautan, kegiatan salvage dan pekerjaan bawah air, pemeriksaan
kecelakaan kapal serta pengamanan, penertiban dan penegakan peraturan di bidang pelayaran, penyidikan tindak pidana pelayaran di pelabuhan dan perairan bandar.

Bidang Kesyahbandaran ini terdiri dari dari 4 seksi, yaitu.....

http://118.97.61.233/perundangan/images/stories/doc/permen/2...

My office (Ambon Port Authority, Harbor Master Department locally known as Kantor Adpel bidang Kesyahbandaran) will issue a clearance letter upon your own request by produce associate documents ...

http://benymaliota.blogspot.com/2008/11/darwin-ambon-yacht-r...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 18
Grading comment
thank you :)




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search