KudoZ home » Indonesian to English » Education / Pedagogy

tidak sok pintar

English translation: pretend to be clever


01:35 Jul 4, 2008
Indonesian to English translations [PRO]
Social Sciences - Education / Pedagogy
Indonesian term or phrase: tidak sok pintar
mohon dibantu padanannya yang alami, thanks
ivo abdman
Indonesia
English translation:pretend to be clever
Explanation:
Tinggal disesuaikan dg kalimat lengkapnya. Misalnya,
The teacher does not pretend to be clever.
Tindakan 'pretending to be clever' (berlagak sok pintar) ini sering terjadi dalam kasus di mana siswa mengajukan suatu pertanyaan yg ternyata sulit atau tidak dapat dijawab guru tapi si guru 'berlagak sok pintar'.
Jadi, si guru memberikan penjelasan dan jawaban yg sebenarnya tidak benar.
Guru yg baik seharusnya tidak menjawab pertanyaan yg belum dapat dijawabnya.
Guru yg baik biasanya akan berusaha mendapatkan informasi yg lebih lengkap dulu dan menjanjikan kepada siswa untuk menjawab pertanyaannya pada kesempatan yang akan datang.
Kasus seperti ini pernah saya alami waktu siswa SPG (Sekolah Pendidikan Guru) sdg praktik mengajar di SD kami.
Si guru mengatakan bhw matahari mengelilingi bumi.
Saya langsung angkat tangan dan bertanya, 'bukankah bumi yg mengelilingi matahari?'
Sayang sekali, si guru tetap berkeras dg pendapatnya. Ya begitulah kalau seorang guru 'berlagak sok pintar.':)
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thanks, ya mendekati sempurna, ceritanya oke juga, bisa jadi Si guru tersebut terkirim dari abad lampau (setelah berhasil mencuri mesin waktu) untuk mengubah sejarah. Kalo bisa terus dipantau tindak tanduknya ....
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5humble
Hikmat
5modest
Harry Hermawan
5pretend to be clever
Hipyan Nopri
4not someone who pretends to be cleverer than he is
Ian Forbes
3not put on airs
Hadiyono Jaqin
3unassuming
Ramona Ali


Discussion entries: 1





  

Answers


9 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
humble


Explanation:
banyak pilihannya modest...etc

Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 36

36 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
modest


Explanation:



Harry Hermawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 32

14 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
not someone who pretends to be cleverer than he is


Explanation:
Alternatif yang lebih panjang.

--------------------------------------------------
Note added at 36 mins (2008-07-04 02:12:40 GMT)
--------------------------------------------------

Ya, he = cowok, tetapi kalau mau bisa diganti dengan “not someone who pretends to be cleverer than they are” (untuk mencakup semua guru). Kalau subyeknya jamak, lain lagi, misalnya “not people who pretend to be cleverer than they are”.

Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 8
Notes to answerer
Asker: he = cowok ?


40 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pretend to be clever


Explanation:
Tinggal disesuaikan dg kalimat lengkapnya. Misalnya,
The teacher does not pretend to be clever.
Tindakan 'pretending to be clever' (berlagak sok pintar) ini sering terjadi dalam kasus di mana siswa mengajukan suatu pertanyaan yg ternyata sulit atau tidak dapat dijawab guru tapi si guru 'berlagak sok pintar'.
Jadi, si guru memberikan penjelasan dan jawaban yg sebenarnya tidak benar.
Guru yg baik seharusnya tidak menjawab pertanyaan yg belum dapat dijawabnya.
Guru yg baik biasanya akan berusaha mendapatkan informasi yg lebih lengkap dulu dan menjanjikan kepada siswa untuk menjawab pertanyaannya pada kesempatan yang akan datang.
Kasus seperti ini pernah saya alami waktu siswa SPG (Sekolah Pendidikan Guru) sdg praktik mengajar di SD kami.
Si guru mengatakan bhw matahari mengelilingi bumi.
Saya langsung angkat tangan dan bertanya, 'bukankah bumi yg mengelilingi matahari?'
Sayang sekali, si guru tetap berkeras dg pendapatnya. Ya begitulah kalau seorang guru 'berlagak sok pintar.':)

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 66
Grading comment
Thanks, ya mendekati sempurna, ceritanya oke juga, bisa jadi Si guru tersebut terkirim dari abad lampau (setelah berhasil mencuri mesin waktu) untuk mengubah sejarah. Kalo bisa terus dipantau tindak tanduknya ....

3 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
unassuming


Explanation:
American Heritage Dictionary
adj. Exhibiting no pretensions, boastfulness, or ostentation; modest.


Ramona Ali
Native speaker of: Native in MalayMalay
PRO pts in category: 11

2 days14 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
not put on airs


Explanation:
IMHO

Hadiyono Jaqin
Thailand
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11