KudoZ home » Indonesian to English » Medical (general)

surat jaminan rumah sakit

English translation: hospitalization guarantee


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:surat jaminan rumah sakit
English translation:hospitalization guarantee
Entered by: Erich Ekoputra

01:44 Jul 6, 2008
Indonesian to English translations [PRO]
Bus/Financial - Medical (general)
Indonesian term or phrase: surat jaminan rumah sakit
Ini semacam surat yang menyatakan bahwa biaya perawatan di rumah sakit (hospitalization) ditanggung oleh perusahaan. Jadi, yang menerbitkan adalah perusahaan, ditujukan ke rumah sakit agar karyawannya dapat diterima sebagai pasien tanpa uang jaminan (deposit).

"Karyawan wajib melampirkan surat jaminan rumah sakit sewaktu melakukan pendaftaran."
Erich Ekoputra
Indonesia
(letter of) hospital payment guarantee
Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 25 mins (2008-07-06 02:10:40 GMT)
--------------------------------------------------

Menurut penafsiran saya, 'jaminan rumah sakit' yg dimaksud di sini adalah 'jaminan pembayaran biaya perawatan di rumah sakit.'
Karena itu, saya mengusulkan
surat jaminan rumah sakit = (letter of) hospital payment guarantee
Dari rujukan di bawah ini diperoleh informasi bahwa pasien yg punya polis asuransi dari suatu perusahaan asuransi dapat meminta 'surat jaminan rumah sakit' yg dapat diperlihatkan kepada petugas rumah sakit agar tidak perlu membayar 'uang jaminan' kalau mau dirawat di rumah sakit.
Rujukan:
g) Obtaining a *hospital payment guarantee*
www.qibt.qld.edu.au/files/factsheet/Medical Services 200801...

*Hospital payment guarantee* Covered
www.greentravel2000.com/travel_sub.php?trip=347
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Yang dipilih akhirnya adalah "hospitalization guarantee" tanpa "letter", sebab bentuk tertulis sebenarnya sudah terkandung dalam makna "guarantee" (ref: Oxford).
Thanks Hipyan and all the rest!
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +3(letter of) hospital payment guarantee
Hipyan Nopri
4guarantee payment letter
Hikmat
4hospital payment guarantee letterenidblighted
3guarantee letter
Ramona Ali


  

Answers


16 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +3
(letter of) hospital payment guarantee


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 25 mins (2008-07-06 02:10:40 GMT)
--------------------------------------------------

Menurut penafsiran saya, 'jaminan rumah sakit' yg dimaksud di sini adalah 'jaminan pembayaran biaya perawatan di rumah sakit.'
Karena itu, saya mengusulkan
surat jaminan rumah sakit = (letter of) hospital payment guarantee
Dari rujukan di bawah ini diperoleh informasi bahwa pasien yg punya polis asuransi dari suatu perusahaan asuransi dapat meminta 'surat jaminan rumah sakit' yg dapat diperlihatkan kepada petugas rumah sakit agar tidak perlu membayar 'uang jaminan' kalau mau dirawat di rumah sakit.
Rujukan:
g) Obtaining a *hospital payment guarantee*
www.qibt.qld.edu.au/files/factsheet/Medical Services 200801...

*Hospital payment guarantee* Covered
www.greentravel2000.com/travel_sub.php?trip=347

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 15
Grading comment
Yang dipilih akhirnya adalah "hospitalization guarantee" tanpa "letter", sebab bentuk tertulis sebenarnya sudah terkandung dalam makna "guarantee" (ref: Oxford).
Thanks Hipyan and all the rest!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
5 hrs

agree  eldira: "letter" tak perlu
1 day4 hrs

agree  ivo abdman
1 day7 hrs

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
hospital payment guarantee letter


Explanation:
different approach
surat jaminan = guarantee letter
==> hospital payment guarantee letter
or letter of "guarantee of payment to the hospital" multi variasi

enidblighted
Native speaker of: Native in EnglishEnglish

8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
guarantee payment letter


Explanation:
kalau ini kalimat konteksnya memang pendaftaran di rumah sakit
saya kira ini cukup

Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 16

1 day2 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
guarantee letter


Explanation:
Pada pendapat saya, cukup sekadar "guarantee letter" (atau singkatannya GL) kerana sudah maklum ini jaminan untuk membayar dan kalau diserahkan kepada hospital, jelaslah untuk membayar hospital.

Ramona Ali
Specializes in field
Native speaker of: Native in MalayMalay