KudoZ home » Indonesian to English » Medical (general)

drips infus cairan

English translation: intravenous fluid infusion


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:drips infus cairan
English translation:intravenous fluid infusion
Entered by: Wiyanto Suroso

04:22 Nov 29, 2013
Indonesian to English translations [PRO]
Medical (general) / Medical
Indonesian term or phrase: drips infus cairan
Kami telah mengambil tindakan drips infus cairan ...

Terima kasih bantuannya ...
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
intravenous fluid infusion
Explanation:
Sebagaimana dapat dilihat pada rujukan di bawah ini, 'drips' sering menggantikan istilah 'intravenous fluid'. Dengan demikian, tidak harus ada kata 'drips'. 'drips infus cairan' lazim berpadanan dengan 'intravenous fluid infusion.

Infus cairan intravena (intravenous fluids infusion) adalah pemberian sejumlah cairan ke dalam tubuh, melalui sebuah jarum, ke dalam pembuluh vena (pembuluh balik) untuk menggantikan kehilangan cairan atau zat-zat makanan dari tubuh.

http://astaqauliyah.com/blog/read/151/medical-info-pemberian...

Penggunaan infus cairan intravena (intravenous fluid infusion) membutuhkan peresepan yang tepat dan pengawasan (monitoring) ketat (Weistein, 2001).

http://jurnaleeccis.ub.ac.id/index.php/eeccis/article/downlo...

In institutions where this is employed, women are given routine intravenous fluids (through a "drip").

http://summaries.cochrane.org/CD007715/intravenous-fluids-fo...

A drip is also sometimes known as a cannula, intravenous cannula, needle or intravenous fluids or IV.

http://www.kidshealth.org.nz/drips-intravenous-fluids-or-iv

Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
Terima kasih Mas Wiyanto Suroso, atas bantuan istilahnya. Kawanku yang lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya ...
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5intravenous drip infusion
Briliana Nur Rohima
5intravenous fluid infusion
Wiyanto Suroso
4 +1[electrolytes] intravenous drips
Erich Ekoputra


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
[electrolytes] intravenous drips


Explanation:

cairan di dalam pertanyaan itu kurang spesifik. Setahu saya sih, semua infus itu cair; cuma beda-beda kekentalannya (karena kandungan gula, antibiotik, atau cairan di dalamnya).

Jika dikaitkan dengan pertanyaan sebelumnya (demam tinggi) saya menduga yang diberikan di sini adalah elektrolit. Namun, sebaiknya konfirmasi dengan pemilik naskah.

√ Metodenya sendiri disebut dengan intravenous drip.

REFERENSI ★★★★★★★
http://www.wisegeek.org/what-is-an-intravenous-drip.htm
A continuous intravenous drip is a medical procedure in which a liquid substance is directly dripped into a vein over time through a tube and needle inserted into the skin.

http://www.calameo.com/books/002386792392b8b50c3b6
Intravenous drips are also used to correct electrolyte imbalance. A mixture of sodium, potassium, and magnesium is infused into the patient ....

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2013-11-29 05:57:13 GMT)
--------------------------------------------------

Di dalam kalimat: ... treated the patient with [electrolyte] intraveneous drips....

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2013-11-29 05:58:13 GMT)
--------------------------------------------------

Maaf,. semestinya: ... treated the patient with [electrolytes] intravenous drips....


Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 27

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  SHARIE CHEAH: liquid infused drip
1 hr

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
intravenous fluid infusion


Explanation:
Sebagaimana dapat dilihat pada rujukan di bawah ini, 'drips' sering menggantikan istilah 'intravenous fluid'. Dengan demikian, tidak harus ada kata 'drips'. 'drips infus cairan' lazim berpadanan dengan 'intravenous fluid infusion.

Infus cairan intravena (intravenous fluids infusion) adalah pemberian sejumlah cairan ke dalam tubuh, melalui sebuah jarum, ke dalam pembuluh vena (pembuluh balik) untuk menggantikan kehilangan cairan atau zat-zat makanan dari tubuh.

http://astaqauliyah.com/blog/read/151/medical-info-pemberian...

Penggunaan infus cairan intravena (intravenous fluid infusion) membutuhkan peresepan yang tepat dan pengawasan (monitoring) ketat (Weistein, 2001).

http://jurnaleeccis.ub.ac.id/index.php/eeccis/article/downlo...

In institutions where this is employed, women are given routine intravenous fluids (through a "drip").

http://summaries.cochrane.org/CD007715/intravenous-fluids-fo...

A drip is also sometimes known as a cannula, intravenous cannula, needle or intravenous fluids or IV.

http://www.kidshealth.org.nz/drips-intravenous-fluids-or-iv



Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih Mas Wiyanto Suroso, atas bantuan istilahnya. Kawanku yang lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya ...

14 days   confidence: Answerer confidence 5/5
intravenous drip infusion


Explanation:
Intravenous drip infusion = drip intravena

Drip disini menunjukkan teknik infus intravena, yaitu cairan infus diberikan tetes demi tetes (tetes lambat).
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1821838/

Ada teknik infus yg lain yg disebut "intravenous continuous infusion" atau "continuous rate infusion".
http://www.cvmbs.colostate.edu/clinsci/wing/fluids/cri.htm

Jadi sebaiknya diterjemahkan sebagai intravenous drip infusion.

Example sentence(s):
  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1821838/
  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1821838/
Briliana Nur Rohima
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese