KudoZ home » Indonesian to English » Social Science, Sociology, Ethics, etc.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) vs NGO

English translation: Civil Society Organization (CSO) vs Non-Governmental Organization (NGO)


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) vs Lembaga Non-Pemerintah (NGO)
English translation:Civil Society Organization (CSO) vs Non-Governmental Organization (NGO)

10:21 Feb 4, 2012
    The asker opted for community grading. The question was closed on 2012-02-07 11:54:09 based on peer agreement (or, if there were too few peer comments, asker preference.)


Indonesian to English translations [PRO]
Social Sciences - Social Science, Sociology, Ethics, etc.
Indonesian term or phrase: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) vs NGO
saya ada dokumen ID yg harus diterjemahkan ke EN.
di bagian daftar kata terdapat:

LSM = Lembaga Swadaya Masyarakat
...
NGO = Non-Governmental Organisation / Organisasi non Pemerintah

sementara, secara umum, kita tahu bahwa LSM = NGO, tapi si penulis dokumen ini memutuskan utk memadankan NGO dengan "Organisasi non Pemerintah" alih2 "Lembaga Swadaya Masyarakat", sehingga saya bingung apakah saya harus mencari padanan lain utk LSM karena saya tidak tahu apakah si penulis membedakan antara LSM dengan NGO
Adrian Prasetya
Indonesia
Civil Society Organizations (CSO) vs NGO
Explanation:
Memang ada yang berupaya membedakan CSO dan NGO meskipun pada hakikatnya, sama-sama bercirikan kelompok masyarakat, yang bertumpu pada swadaya masyarakat, dan bukan berada di bawah kendali pemerintah. Dalam hal ini, NGO dianggap sebagai bagian dari CSO, sebagaimana batasan dari FAO-PBB. Namun, biasanya CSO diterjemahkan dengan "organisasi masyarakat madani".

The Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) has a long history of collaboration with Civil Society Organizations (CSOs) at the local, regional and global levels. As part of its partnership strategy, FAO works closely with federations and associations of farmers, fisher folk, herders, pastoralists, women, youth and indigenous peoples, and NGOs.

http://www.fao.org/partnerships/cso-home/en/

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2012-02-04 14:55:56 GMT)
--------------------------------------------------

Barangkali yang Anda maksudkan ialah penggunaan singkatan CSO. Namun pada jawaban di atas, kepanjangannya bukan Civil Society Organizations.
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1Civil Society Organizations (CSO) vs NGO
Wiyanto Suroso
4Non-profit organization
David Martin
4Community Sponsored Organizations
Erich Ekoputra


Discussion entries: 1





  

Answers


58 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Lembaga Swadaya Masyarakat
Community Sponsored Organizations


Explanation:

Dengan berasumsi penulis paham LSM = NGO, motivasi mendaftarkan keduanya lebih kepada membantu pembacanya ketika menemukan pemakaian keduanya di lapangan. Lihat misalnya: http://groups.yahoo.com/group/ai_indonesia/message/1393.

Yang akan saya lakukan begini:

LSM: Indonesian abbreviation for (literally) Community Sponsored Organizations, equivalent to NGO in English.

NGO: Non-Governmental Organizations.

Beres!

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 31
Notes to answerer
Asker: wah, mas erich, pas banget nih penjelasannya... dan dari utas yahoogroups itu ketahuan bahwa ternyata kedua istilah tsb punya image yg berbeda *baru tahu juga*


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
Civil Society Organizations (CSO) vs NGO


Explanation:
Memang ada yang berupaya membedakan CSO dan NGO meskipun pada hakikatnya, sama-sama bercirikan kelompok masyarakat, yang bertumpu pada swadaya masyarakat, dan bukan berada di bawah kendali pemerintah. Dalam hal ini, NGO dianggap sebagai bagian dari CSO, sebagaimana batasan dari FAO-PBB. Namun, biasanya CSO diterjemahkan dengan "organisasi masyarakat madani".

The Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) has a long history of collaboration with Civil Society Organizations (CSOs) at the local, regional and global levels. As part of its partnership strategy, FAO works closely with federations and associations of farmers, fisher folk, herders, pastoralists, women, youth and indigenous peoples, and NGOs.

http://www.fao.org/partnerships/cso-home/en/

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2012-02-04 14:55:56 GMT)
--------------------------------------------------

Barangkali yang Anda maksudkan ialah penggunaan singkatan CSO. Namun pada jawaban di atas, kepanjangannya bukan Civil Society Organizations.

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
Notes to answerer
Asker: di tautan yahoogroups dari mas erich juga ada penjelasan ttg civil society organization, terima kasih mas atas penguatannya, saya akan pakai CSO sbg padanan LSM


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Catherine Muir
3 hrs
  -> Thank you

74 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Non-profit organization


Explanation:
Includes the concept of being in business not to make a profit

David Martin
Works in field
Native speaker of: Native in EnglishEnglish