ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Education / Pedagogy

Certificate of Completion

Indonesian translation: sertifikat pelatihan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Certificate of Completion
Indonesian translation:sertifikat pelatihan
Entered by: Wiyanto Suroso

06:01 Jan 19, 2011
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Education / Pedagogy
English term or phrase: Certificate of Completion
Sertifikat yang diberikan kepada peserta pelatihan/kursus/seminar.

Dalam bahasa Indonesia, padanan paling pasnya apa ya? Sertifikat Kelulusan kok rasanya terlalu formal. Karena biasanya, sertifikat ini diberikan untuk pelatihan yang informal.

TIA.
Christianna Braithwaite
Australia
sertifikat pelatihan
Explanation:
Menurut saya, cukup dipadankan dengan "sertifikat pelatihan".
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +4sertifikat keikutsertaan
Arfan Achyar
3 +5sertifikat pelatihan
Wiyanto Suroso
5Ijasah
Siti Nur Aini
4ijazah, sttb, sertifikat
Hobira
4sertifikat penyelesaian
ellentan
4Bukti Pelatihan
M. Laut
3sertifikat partisipasi
Monica Arifin


  

Answers


4 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +4
certificate of completion
sertifikat keikutsertaan


Explanation:
Imho

Arfan Achyar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Evina Utami
52 mins
  -> thx

agree  Fajar Perdana
10 hrs
  -> thx

agree  Erich Ekoputra
20 hrs
  -> thx

agree  Meidy Maringka
22 hrs
  -> thx

4 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
certificate of completion
sertifikat partisipasi


Explanation:
Sertifikat partisipasi untuk peserta.

http://www.parentsguide.co.id/smf/index.php?topic=1370.0

Monica Arifin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

16 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +5
certificate of completion
sertifikat pelatihan


Explanation:
Menurut saya, cukup dipadankan dengan "sertifikat pelatihan".

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 42
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  kurniawan: biasanya sepeti itu
36 mins
  -> Terima kasih

agree  Ferry Toar: Ini yang paling pas. Sebenarnya tergantung pada acaranya, misalnya kalau seminar, ya sertifikat seminar.
43 mins
  -> Terima kasih telah membuat lebih jelas

agree  fati soewandi
53 mins
  -> Terima kasih

agree  Henny Willis
6 hrs
  -> Terima kasih

agree  Kiki Sidharta Taha
8 days
  -> Terima kasih

29 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
certificate of completion
sertifikat penyelesaian


Explanation:
Sertifikat Penyelesaian (Certificate of Completion) http://aiueo.ws/id_shortcourse.html

sertifikat penyelesaian (Certificate of Completion)
http://www.clc.fcu.edu.tw/index.php?id=45

ellentan
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
certificate of completion
Bukti Pelatihan


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 6

10 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
certificate of completion
Ijasah


Explanation:
Frasa certificate of completion setara dengan ijasah dalam bahasa indonesia.

Siti Nur Aini
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian

1 day18 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
certificate of completion
ijazah, sttb, sertifikat


Explanation:
certificate of completion
Sekolah formal: ijazah, sttb (surat tanda tamat belajar) untuk SD, SMP, SMA dsb.;ijazah: untuk S1, S2, S3
Pelatihan/kursus nonformal (untuk pemerolehan keterampilan/kinerja tertentu): serifikat pelatihan/kursus
Seminar (ump. untuk pemerolahan informasi): sertifikat keikutsertaan

--------------------------------------------------
Note added at 17 days (2011-02-05 23:19:03 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

imo "serifikat keikutsertaan" sebagai istilah yang lebih umum dapat digunakan untuk meliput tiga jenis kegiatan - pelatihan, kursus dan seminar. Kalau digunakan istilah sertifikat pelatihan, mungkin ini tidak tepat karena agak sempit pengetiannya; seminar tidak selalu bersifat pelatihan - pemerolehan keterampilan tertentu. 'strongly agree' (+5) untuk sertifikat keikutsertaan.

Hobira
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 4