sounding and manning

Indonesian translation: pengukuran (dg sounding meter) dan penempatan petugas

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:sounding and manning
Indonesian translation:pengukuran (dg sounding meter) dan penempatan petugas
Entered by: Agustinus

11:50 Jul 30, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Ships, Sailing, Maritime
English term or phrase: sounding and manning
Alternately, a continual monitoring of tank levels such as by soundings and manning of the
control point for the associated pump(s) in operation.


-----
thank you
Agustinus
Indonesia
pengukuran (dg sounding meter) dan penempatan petugas
Explanation:
Dalam konteks ini, saya menyimpulkan bahwa:

sounding = pengukuran kedalaman minyak dalam tank menggunakan sounding meter (lihat rujukan di bawah ini)

Karena terlalu panjang, maka sebaiknya disingkat saja menjadi 'pengukuran.' Meskipun ringkas makna tetap jelas karena konteksnya juga sudah jelas mengenai pengukuran kedalaman minyak di dalam tank.

manning = penempatan orang/petugas di tempat pengawasan

Rujukan:
Sounding meter biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang tak mudah rusak dan berkarat jika digunakan pada minyak atau jenis cairan kimia tertentu. Alat ini juga memiliki cara kerja yang cukup sederhana, pengukurannya dilakukan dengan mencelupkan bagian plumb bob ke dasar tangki untuk mengetahui tinggi minyak atau cairan pada steel tape.
https://harga.web.id/daftar-harga-berbagai-merek-alat-soundi...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
thank you :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5pengukuran (dg sounding meter) dan penempatan petugas
Hipyan Nopri
5pengukuran kedalaman air melalui gelombang bunyi dan mengoperasikan sesuatu/mesin
Poppy Arianti
5pemeruman dan penempatan petugas
Erich Ekoputra
4pengukuran kedalaman (tangki) dan pengawakan
Regi2006


  

Answers


5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pengukuran kedalaman (tangki) dan pengawakan


Explanation:
28 Mei 2015 - SOUNDING/ INNAGE : pengukuran volume tanki dengan mengukur kedalaman atau jarak antara dasar tanki hingga permukaan muatan.
http://ruly-abdillah-ginting.blogspot.com/2015/05/cara-perhi...

Regi2006
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 15

14 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pemeruman dan penempatan petugas


Explanation:

✔️ Pada tangki, sounding dilakukan dengan tali perum atau kawat sounding dengan tujuan mengetahui ketinggian isi tangki. Lihat caranya di sini: http://abi-blog.com/sounding-tangki-kapal/

✔️ manning tidak lain adalah menempatkan petugas secara fisik di titik kontrol tersebut. Ini membantu mengawasi hal-hal yang kurang terpantau secara otomatis. Mungkin juga tugas utamanya adalah melakukan pemeruman (=menaik-turunkan tali perum dan membacanya).

🚀 SURJAYA
http://knkt.dephub.go.id/knkt/ntsc_maritime/Laut/2014/Lapora...
Pada pukul 2040 WIB, kapal selesai sandar kiri di Dermaga 107, awak kapal selanjutnya bersiap untuk menaikkan kendaraan dan penumpang. Mualim I bersama Jurumudi Jaga selanjutnya melakukan pemeruman tangki-tangki kapal.

https://www.google.co.id/search?num=20&newwindow=1&safe=acti...
Cross Sounding (pemeruman menyilang) juga dilakukan setiap interval 50 m yang diambil tegak lurus dengan lajur utama untuk keperluan proses kontrol kualitas data.


Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 94

19 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pengukuran kedalaman air melalui gelombang bunyi dan mengoperasikan sesuatu/mesin


Explanation:
1. Sounding mempunyai arti proses pengukuran kedalaman air melalui gelombang bunyi.
Merupakan proses pengukuran kedalaman air pada tangki. Untuk proses pengukuran tersebut bisa dilakukan secara manual atau dengan peralatan elektronik. Pengukuran secara manual bisa dilakukan dengan tali dengan beban diujungnya. Sebaliknya pengukuran menggunakan peralatan elektronik biasanya menggunakan sensor kapasitansi, sonar.

bisa dibaca https://en.wikipedia.org/wiki/Sound_(nautical)


2. manning mempunyai arti mengoperasikan sesuatu.
Jika seseorang mengoperasikan sesuatu atau mesin ini adalah contoh seseorang tersebut menjalankan sesuatu atau menjalankan mesin.

bisa di cek di http://www.yourdictionary.com/manning

Poppy Arianti
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 day 17 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pengukuran (dg sounding meter) dan penempatan petugas


Explanation:
Dalam konteks ini, saya menyimpulkan bahwa:

sounding = pengukuran kedalaman minyak dalam tank menggunakan sounding meter (lihat rujukan di bawah ini)

Karena terlalu panjang, maka sebaiknya disingkat saja menjadi 'pengukuran.' Meskipun ringkas makna tetap jelas karena konteksnya juga sudah jelas mengenai pengukuran kedalaman minyak di dalam tank.

manning = penempatan orang/petugas di tempat pengawasan

Rujukan:
Sounding meter biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang tak mudah rusak dan berkarat jika digunakan pada minyak atau jenis cairan kimia tertentu. Alat ini juga memiliki cara kerja yang cukup sederhana, pengukurannya dilakukan dengan mencelupkan bagian plumb bob ke dasar tangki untuk mengetahui tinggi minyak atau cairan pada steel tape.
https://harga.web.id/daftar-harga-berbagai-merek-alat-soundi...

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 64
Grading comment
thank you :)




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search